Kamis, 29 Oktober 2009

CONTOH ABSTRAK

SUFRIN EFENDI. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Proses Pengharaman Khamr. Skripsi. Depok: Fakultas Tarbiyah Jurusan Kependidikan Islam Sekolah Tinggi Al-QUDWAH. Agustus, 2008.

Penelitian ini penulis fokuskan pada nilai-nilai pendidikan yang dapat diambil dari proses pengharaman khamr. Yaitu pelajaran yang sangat berharga bagi orang-orang yang benar-benar menjadikan al-Quran sebagai tuntunan hidup dan sebagai penerang ketika berada dikegelapan. Di mana kejadian yang ditujukan kepada para sahabat beberapa abad yang silam, masih tetap mengandung nilai luhur yang dapat kita jadikan rujukan di masa kini.
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji aspek pendidikan yang terdapat di dalam proses pengharaman khamr. Adapun aspek pendidikan yang dimaksud adalah bagaimana Allah SWT begitu memperhatikan kesiapan, kemampuan, ketepatan waktu serta penyesuaian untuk menetapka suatu hukum kepada hamba-Nya. Aspek pendidikan yang terkandung dalam proses pengharaman khamr tersebut sangat besar nilainya dan bahkan melebihi aspek lainnya, serta menggambarkan rangkaian peristiwa yang menjadi cermin atau bukti nyata dari fitrah manuisa. Dan yang lebih menarik lagi nilai yang akan penulis ungkapkan di sini adalah nilai yang berdasarkan proses pengharaman khamr tersebut sekaligus dikaitkan dengan firman Allah yang sesuai dengan tahapan-tahapn tertentu.
Penelitian ini akan memberikan kepada pembaca pemahaman tentang hakikit kandungan al-Qur’an yang begitu memperhatikan kemaslahatan umat manusia, serta bagaimana menyikapi keadaan manusia yang mempunyai karakter yang berbeda-beda.
Pendidikan dalam proses pengharaman khamr tersebut adalah pendidikan yang sangat realistis dan sangat mudah dijangkau akal sehat manusia. Ini dapat kita lihat dari berbagai peristiwa dan kejadian yang digambarkan al-Qur’an dalam pengharamannya. Mengambil ibrah (pelajaran) yang terdapat di dalamnya merupakan tugas dan kewajiban setiap muslim. Hendaknya setelah mengkaji dan memahami setiap kejadian dalam proses pengharaman khamr tersebut pemahaman kita tentang kandungan al-Qur’an semakin meningkat dan menumbuhkan jiwa yang menjadikan al-Qur’an sebagai sumber awal dalam pendidikan, dan ketaatan yang semakin hari semakin meningkat kepada-Nya.
Penelitian ini penulis lakukan dengan berpegang pada referensi-referensi yang tepercaya. Penulis tidak hanya berpegang pada karangan sejarawan-sejarawan klasik, akan tetapi penulis juga menyertakan pendapat para ahli pendidikan dimasa kini dan karang-karangan sejarawan kontemporer lainnya.



KATA PENGANTAR

بسم الله الرحمن الرحيم

Puji dan syukur kepada Allah SWT, Tuhan semesta alam. Karena curahan rahmat, hidayah serta ’inayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, serta memudahkan penulis dalam menyusunnya. Walaupun masih banyak kekurangan di sana sini. Hanya untuk Dialah segala puji dan syukur, mulai dari zaman nabi Adam sampai di kemudian hari tentunya.
Shalawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Rasulullah SAW. Beliau telah mendidik dan mengajari menusia untuk mengenal Tuhannya. Dan membimbing mereka menuju agama yang diridhai-Nya serta menunjukkan jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Beliau adalah sosok seorang pendidik yang tidak ada tandingannya sampai kapanpun.

Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai syarat kelulusan program strata satu (S-I) pada Sekolah Tinggi Agama Islam al-Qudwah Dopok Fakultas Tarbiyah.
Skripsi ini berjudul “NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM PROSES PENGHARAMAN KHAMR”. Membahas tentang bagaimana metode pendidikan yang di gunakan Allah SWT melalui ayat-ayat yang terkait dengan pengharaman khamr. Secara rinci penulis mencoba mengupas tentang sifat-sifat manusia dan karakter-karakter bawaannya. Dan peristiwa yang merupakan cerminan ketaaan, yang terdapat di dalam proses pengharaman tersebut.

Penulis juga menguraikan metode pendidikan yang sesuai dengan al-Qu’an dan tentunya sejalan dengan kemampuan manusia. Juga menjelaskan peran al-Qur’an di dalam proses pendidikan dan sekaligus menjadi bekal yang tepat bagi para pendidik untuk menemukan cara-cara yang sesuai dalam menanamkan nilai pendidikan kepada peserta didik.
Di samping itu, penulis juga mengucapkan banyak terima kasih kepada:
1. Ketua Yayasan Al-Qudwah Bapak Amang Syafrudin Lc. M.A;
2. Ketua STAI Al-Qudwah Ibu Nur Hamidah Lc. M.A;
3. Ketua Jurusan Tarbiyah Bapak Anwar Nasihin Lc;
4. Direktur Ma'had Aly An-Nu'aimi Bapak Bakrun Syafi'I Yahya M.A;
5. Juga Bapak Bakrun Syafi'I Yahya M.A selaku pembimbing pertama. Yang dengan sabar membimbing penulis dalam penulisan skripsi ini. Ia memberikan arahan dan petunjuk kepada penulis selama menyusun skripsi ini; dan Bapak Shofwan Abbas, M.A, selaku pembimbing kedua. Beliau telah memberikan bimbingan dan arahan yang besar selama proses penulisan skripsi ini;
6. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada para dosen yang telah mendidik dan mengajari penulis serta pihak-pihak yang memiliki kontribusi dalam keilmuan penulis, walaupun tidak penulis sebutkan nama mereka satu persatu, namun tidak mengurangi rasa bangga serta terima kasih kepada mereka.
7. Perpustakaan UNP Padang dan IAIN Padang, terutama petugas perpustakaan yang memudahkan penulis untuk masuk keperpustakaan tersebut untuk dapat mencari rujukan dalam penulisan;
8. Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta;
9. Teman-teman satu jurusan yang telah memberikan doa dan dukungan kepada penulis; dan
10. Semua pihak yang telah memberikan dorongan, dukungan serta kontribusi dalam proses penulisan skripsi ini, terlebih teman yang di UIN Jakarta yang membantu di dalam pencarian bahan rujukan.
Penulis tidak menganggap sempurna skripsi ini serta bersih dari kekurangan dan kekeliruan. Penulis menyadari akan adanya kekurangan dalam skripsi ini. Oleh karena itu, saran dan kritik yang konstuktif sangat penulis harapkan dari pembaca.
Penulis berdoa semoga Allah SWT membalas apa yang telah penulis lakukan dan korbankan dalam proses penulisan skripsi ini. Semoga Allah SWT menghitungnya sebagai amal saleh.


Ciputat, 03, agustus, 2008

Sufrin Efendi Lubis

Tidak ada komentar: